Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MagicaVoxel 4.2

Hello, This Is Elman Raiyan Firdaus. Jadi sekarang, aku akan memberikan tutorial cara mengunakkan MagicaVoxel versi 4.2 by Ephtracy. Bagi yang belum memiliki atau belum pernah dengar, silakan download di filecroco.com, dan langsung ketikkan ' MagicaVoxel' di kolom search.

Sebenarnya, Apa Sih MagicaVoxel itu?


MagicaVoxel ada sebuah program 3d yang meng-allowed kita untuk membuat karya dengan Pixel. Program MagicaVoxel ini gratis/free. Mungkin juga ada yang MagicaVoxel 5.0, aku gak tahu ( karena memang gak mau tahu). 

MagicaVoxel tergantung program yang mudah dan juga alat-alatnya lengkap. Seperti, Attach, Erase, Paint, Palette, ( maksudnya seperti satu pack color) dll.

Di MagicaVoxel juga terdapat, ' RENDER' yang entah aku hanya ngerti sedikit saja, ya, tapi ini tetap akan dijelaskan di blog ini.

Tools in MagicaVoxel.


Seperti yang sudah aku katakan pada paragraf ' Sebenarnya, Apa Sih MagicaVoxel itu?' bahwa ada lebih dari 4 alat di MagicaVoxel. Apa aja dan kegunaannya? Ya dibaca dong.

Attach

Sekilas terlihat seperti tulisan Attack dalam bahasa English. Mungkin penulisnya aja yang salah ketika Attack. Tapi, coba kalian translate-kan arti Attach. Jadi, arti Attach itu adalah sebagai berikut:

-Memasang

-Melampirkan

Jadi, kalau menurut aku sih, Attach ini dalam program MagicaVoxel adalah meng-spawn block pixel ( bagi yang sering main game, pasti kenal yang maksudnya spawn, kan?).

Oke, Attach itu kegunaannya/fungsinya adalah yah, meng-spawn block pixel. Kalian tinggal beri satu klik pada lantai proyek pixel kalian di MagicaVoxel, makan akan lahir satu pixel dalam sekejap mata.

Sebenarnya dalam Attach ini terdapat beberapa brush yang akan aku kenalkan pada kalian.

B = Brush normally, jadi gak ada yang aneh sama tipe ini, yo.

F = Ini adalah face yang artinya muka. Namun, dalam kamus matematik, face adalah sisi kiri dan sebagainya. Brush ini berguna untuk meng-spawn banyak blok. Coba sendiri aja, deh.

Erase

Mau yang gak bisa bahasa English atau bisa, Erase pasti gak asing di telinga kalian, kan? Erase berarti menghapus, gak ada arti lain.

Jadi, dengan namanya aja menghapus, yo pasti kegunaannya untuk menghapus block, teman-teman. Di Erase juga ada B = Brush Normally dan F = Brush Face. Itu sudah dijelasin di atas, jadi malas ketik lagi atau nanti B dan F mendominasi halaman.

Paint

Paint? Ini program klasik dari windows? Gak ges. Mungkin karena kebanyakan dari kalian tahunya Paint adalah program mengambar. Tapi, dalam bahasa English, Paint berarti = mewarnai atau mencat.

Ini kegunaannya kurang digunakan karena hanya mewarnai saja, sedangkan kita ketika bangun block pixel dengan Attach sudah menentukan warna sendiri, tapi walau begitu, Paint ini akan tergunakkan oleh kalian ketika pilihan warna kalian salah padahal proyeknya sudah jadi. So, tinggal klik Paint dan warnai lah, block kalian!


Palette

Palette adalah satu pack color. Bagian Palette ini ada di bagian paling kiri, dan juga banyak warnanya ( tentu saja). Ini hanya berlaku untuk Attach dan Paint yang mengunakkan warna, sedangkan Erase tidak bisa karena menghapus.

Ada 4 Palette.

0 = Palette warna ngasal. Ini julukan yang aku berikan pada Palette ini. Jujur aja, aku gak suka Palette ini karena menyediakan warnanya dengan ngasal gaes.

1 = Palette favorite. Palette paling merajarela di semua proyek yang aku buat. Karena Palette ini, selain warnanya lengkap, juga gak ngasal.

2 = Palette grayscale. Palette ini memang bukan julukan dari saya, ya. Tapi memang grayscale karena dari hitam to white.

3 = Palette hitam total. Palette ini hanya ada warna hitam sahaje, so gak ada yang menarik.

Render

Ini yang terakhir sekaligus paling menarik. So, Render ini, aku hanya mengenal sedikit saja. Yaitu, Shape. Di Render ada shape yang akan meng-allowed kalian untuk mengganti block jadi sesuatu.

Misalnya, lego, sphr dan cyli.

Kalau kalian gak percaya, coba lihat salah satu proyek yang sudah ku buat ini!
Nama Proyeknya, Elman's Castlev.


Nama Proyeknya, Castlev.


Oke, lah, teman-teman. Sekian dari saya. Semoga masih semangat nanti buat blog. Bye!



Posting Komentar untuk "MagicaVoxel 4.2"