Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Game Scratch Time to Fly

Halo teman-teman, salam, kali ini aku akan menceritakan tentang cara membuat game dan step-step nya di Scratch, aku akan membuat games "time to fly", step pertama adalah kalian ambil gambar Cat Flying  di bagian menu choose a sprite (lihat gambar dibawah), biar nanti ada object yang bisa kita gerakan dengan code, masa nggak ada objectnya gimana mau nulis codenya ya nggak.



Bikin code di bagian sprite dari cat flying yang sudah aku tandain merah ini, pertama-tama kalian ke bagian code, drag event code when flag clicked ke area code, dan juga di menu code looks drag Say Hello for 2 seconds gabung ke when flag clicked ke area codenya, biar kalau flag nya di pencet nanti muncul say Hello.

Kemudian, kalian kembali ke events cari tulisan when space clicked, nah nanti kalian ganti space nya jadi up arrow dan kalian pergi ke motion yang tulisannya change y by 10, biar pas kalian pencet tombol up arrow dia bisa naik ke atas. Lalu, kalian kembali ke events cari when space cliked nya di ganti jadi when down arrow cliked ke codenya, dan kalian pergi ke motion, cari change y by 10 diganti jadi  change y by -10 biar pas kalian pencet tombol down arrow nya kucing bisa turun ke bawah, nah kalian pergi ke events, cari kata when flag cliked lagi dan pergi ke  variables pencet kata make a variables nah ganti variablesnya jadi score yah.


Setelah kalian tulis score, ambil kata set variables to 0 nya di variables nya di ganti jadi score, setelah itu kalian ke control, kalian cari forever dan cari if then, dan kalian cari di sensing dan ambil touching heart, oh iya kalian ambil lagi ke choose a sprite cari gambar heart, setelah itu kalian kembali ke variablesnya cari kata change variables by 1, variables nya di ganti jadi score, nah kalian cari ke control cari kata wait 1 seconds segitu aja kalau sprite catnya.


Kita pilih sprite heart codenya, lalu ke events cari when flag cliked dan kalian pergi ke control cari forever dan kalian pergi lagi ke  motion cari go to random position dan change x by 250 yah, agar dia bisa pindah-pindah, setelah itu kalian pergi ke control cari repeat 10, 10 nya diganti jadi 32 yah, dan kembali ke motion cari kata change x by 10, 10 nya di ganti jadi -15. kalau sudah semua nya kalian sudah bisa memaikan game yang aku telah bilang di sini semoga teman-teman paham ya.

Sekian untuk coding game" time to fly" minggu depan aku akan membuat blog lagi, bye-bye teman-teman.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Game Scratch Time to Fly"